Komplikasi Asma dan Pilek Alergi

Written By Unknown on Sabtu, 10 Maret 2012 | 19.04

Komplikasi Asma dan Pilek Alergi Tak sedikit individu yang mempunyai pikiran bahwa asma dan pilek alergi merupakan hal yang berbeda tapi sebenarnya tidaklah berbeda jauh. Mengapa begitu? karena kedua gangguan ini terjadi di tempat yang sama di satu saluran napas sehingga termasuk kategori penyakit "one airway, one disease".

Dr. Hadi Moeliawan, Sp.P dari Klinik Asma & Alergi Dr.Indrajana Mitra International Hospital menyatakan reaksi alergi yang terjadi pada saluran pernapasan bagian atas (hidung) disebut pilek alergi. Sedangkan reaksi alergi pada saluran pernapasan bagian bawah (tenggorokan) menjadi asma.

Reaksi alergi pada penderita pilek alergi menyebabkan reaksi peradangan saluran pernapasan bagian atas hingga menyebabkan banyak lendir di hidung. Sedangkan pada asma, reaksi alergi yang terjadi di saluran pernapasan bagian bawah menyebabkan lendir yang berupa dahak banyak mengumpul.

Dr. Hadi menambahkan, pilek alergi akan menyebabkan terjadinya penyempitan pada jalan napas atas sehingga membuat hidung mampet. Ini terjadi akibat reaksi alergi yang menimbulkan peradangan di saluran napas bagian atas, tepatnya di hidung (concha). Bagian ini akan membengkak dan menyebabkan sesak akibat hidung mampet.

Sementara jika reaksi alergi dan proses peradangan terjadi pada saluran pernapasan bagian bawah, maka terjadi penyempitan akibat pembengkakan selaput lendir dari saluran pernapasan bagian bawah sehingga menimbulkan rasa sesak (mengi). Inilah yang dikenal sebagai asma, kata Hadi.

Selain rasa sesak, gejala lain yang dirasakan pada saluran pernapasan bagian atas pasien pilek alergi adalah gatal pada hidung hingga timbul bersin - bersin, terutama di pagi hari atau saat kontak dengan benda yang memicu timbulnya alergi. Sedangkan pada saluran napas bagian bawah, timbulnya rasa gatal akan memunculkan gejala batuk - batuk pada asma.

Jadi, asma dan pilek alergi sangat berkaitan, karena apa yang terjadi di saluran pernapasan atas juga terjadi di saluran pernapasan bawah.

Anda sedang membaca artikel tentang

Komplikasi Asma dan Pilek Alergi

Dengan url

http://penyebabalergi.blogspot.com/2012/03/komplikasi-asma-dan-pilek-alergi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Komplikasi Asma dan Pilek Alergi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Komplikasi Asma dan Pilek Alergi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger